Tanggung Jawab Sosial BAF

Pada hari Rabu 24 Oktober 2018, BAF berkesempatan mengunjungi teman-teman di Palu. BAF membantu karyawan BAF yang menjadi korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Pada kesempatan ini, BAF memberikan donasi berupa santunan/donasi berupa uang tunai serta paket sembako kepada lebih dari 100 karyawan BAF khususnya yang bekerja di BAF Cabang Palu & Parigi sebagai lokasi yang cukup parah terkena dampak bencana.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bapak Imam Budianto selaku Director Operation BAF dan beberapa perwakilan Senior Management dari BAF Kantor Pusat Jakarta kepada para Karyawan setempat.

Adapun bentuk bantuan yang disalurkan berupa bantuan dana untuk perbaikan rumah yang rusak, santunan kepada mereka yang ditinggal oleh salah satu keluarga inti, serta penyerahan sembako seperti beras, gula pasir, minyak goreng, kopi, teh, dan makanan instan.

Pada kesempatan ini bantuan tidak hanya berasal dari Perusahaan saja, namun juga berasal dari antar karyawan BAF. “Hal ini selaras dengan nilai perusahaan Reliable yakni dapat diandalkan – yang dalam hal ini kaitannya dengan wujud tanggung jawab dan kepedulian sosial yang dilakukan antar sesama karyawan,” tutur Imam.

Sebagai Perusahaan Pembiayaan kendaraan motor, mobil, elektronik, perlengkapan rumah tangga, mesin pertanian serta Dana Syariah, BAF berkomitmen untuk selalu menjadi perusahaan yang peduli dan bertanggung jawab kepada lingkungan dan kehidupan sosial disekitarnya.

Merayakan Hari Ulang Tahun yang ke-21 tahun, BAF ingin membagikan kebahagian kepada masyarakat di sekitar Gedung Kantor BAF baru di daerah Jakarta Selatan. Silahturahmi BAF selenggarakan untuk dapat mendekatkan diri dengan para tetangga baru.

https://baf.id/Berita-dan-Acara/content/IMG_0234.JPG

Sebagai ucapan syukur BAF bergerak ke Masjid Nurul Rahman untuk memberikan Bantuan Kasih kepada para lansia.

https://baf.id/Berita-dan-Acara/content/IMG_0049.JPG

Bantuan berlanjut ke POSYANDU Jeruk 2 dengan memberikan sarana dan prasarana serta Pemberian Makanan Sehat Kepada Para Balita secara gratis.

Renovasi serta pemberian sarana-prasarana juga dilakukan pada Tempat Pendidikan Alquran (TPA) dan PAUD.

https://baf.id/Berita-dan-Acara/content/IMG_0209.JPG
Bergerak ke Musholla Nur Hidayah, BAF ingin berbagi pula lewat renovasi dan pemberian sarana prasaran untuk menunjang semua kegiatan warga.

https://baf.id/Berita-dan-Acara/content/DSCF5407.JPG

Kegiatan tak hanya dilakukan di sekitar kantor BAF baru namun juga dari kantor pusat di Menara Mulia, Jakarta, BAF mengajak karyawan dan peserta tenant lain di Menara Mulia untuk ikut dalam Aksi Donor Darah.

Pada 8 Agustus 2018, BAF berkunjung ke Mataram untuk memberikan bantuan kepada korban gempa. Acara yang diikuti oleh para pejabat dan karyawan BAF ini diberikan kepada posko penanggulangan bencana yang dihuni setidaknya oleh 100 hingga 200 kepala keluarga.

Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan dalam aksi sosial ini adalah pemberian obat-obatan, sembako, kebutuhan bayi dan balita serta perlengkapan lainnya seperti tenda, kasur, bantal, selimut, dll. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2018 yang berkonsentrasi di wilayah Lombok Timur, Lombok Utara dan Mataram.

Dalam kegiatan ini pihak Yamaha dan STSJ area NTB turut berpartisipasi dengan memberikan  bantuan berupa Genset serta perlengkapan lainnya. Kegiatan CSR ini merupakan rangkaian dari kegiatan CSR tahunan yang telah dilakukan sebelumnya dengan beragam kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan serta periode pelaksanaannya.

Sebagai Perusahaan Pembiayaan kendaraan motor, mobil, elektronik, perlengkapan rumah tangga, mesin pertanian serta Dana Syariah, kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan yang akan terus berlanjut  ke kota-kota lainnya di mana terdapat cabang BAF sebagai komitmen rasa kepedulian perusahaan terhadap kehidupan sosial disekitarnya.

Jakarta, 4 Juni 2018. Dalam rangka bulan suci Ramadhan 1439 H yang penuh kasih dan berkah, Hari ini, Senin 4 Juni 2018 PT Bussan Auto Finance menyelenggarakan acara “Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan” yang meliputi berbagai kegiatan seperti buka puasa bersama yatim piatu, penyaluran bingkisan santunan Ramadhan kepada kaum duafa, serta bentuk kegiatan sosial lainnya. Kegiatan  yang dilakukan serentak di 9 (Sembilan) kota besar di Indonesia yaitu; Padang, Palembang, Jakarta, Depok, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya dan Makassar merupakan salah satu bentuk sinergi BAF dalam mewujudkan kepedulian kepada masyarakat sekitar di bulan Suci Ramadhan.

 

Acara yang diikuti oleh pejabat & karyawan cabang BAF setempat  ini merupakan kegiatan berbagi kebahagiaan dengan sedikitnya 100 orang kaum duafa/yatim piatu untuk masing-masing kotanya. Secara simbolis, penyerahan santunan untuk para kaum duafa diberikan oleh para Branch Manager Cabang BAF setempat  kepada perwakilan kaum duafa di masing-masing lokasi tempat acara diselenggarakan.

 

Kegiatan yang digelar bersamaan dengan momentum Ramadhan 1439 H/2018 selain merupakan  salah satu bagian dari kehadiran BAF di tengah masyarakat dalam membantu meringankan beban kebutuhan sehari-hari, juga bertujuan untuk mempererat ukhuwah dan silaturahmi antar karyawan di lingkungan cabang BAF setempat serta memfasilitasi karyawan Muslim dan Muslimah dalam melaksanakan Ibadah di bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang positif.

 

Sebagai Perusahaan Pembiayaan sepeda motor, mobil, elektronik, perlengkapan rumah tangga, mesin pertanian serta Dana Syariah, kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan yang akan dilakukan ke kota-kota lainnya di mana terdapat cabang BAF sebagai komitmen rasa kepedulian perusahaan terhadap kehidupan sosial di sekitarnya.

 

Cabang Jakarta

 

Cabang Depok

 

Cabang Bandung

 

Cabang Cirebon

 

Cabang Surabaya

 

Cabang Semarang

 

Cabang Palembang

 

Cabang Makassar

 

Cabang Padang

Perseroan menyadari bahwa kehadiran sebuah korporasi tidak hanya demi pertumbuhan usaha semata, tapi juga untuk berkontribusi kepada masyarakat, lingkungan serta sumber daya manusia di lingkungan internal Perseroan. Untuk itu, seiring dengan pertumbuhannya, Perseroan terus berupaya meningkatkan kontribusinya bagi masyarakat. Kepedulian Perseroan diwujudkan dengan serangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di berbagai aspek seperti pengembangan sosial dan kemasyarakatan, lingkungan hidup, ketenagakerjaan, kesehatan dan keselamatan kerja, serta tanggung jawab kepada konsumen atau nasabah.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan CSR, Perseroan melaksanakan inisiatif dengan melibatkan sinergi antara kantor pusat, kantor cabang dan masyarakat sekitar. Berikut ini adalah kegiatan CSR Perseroan yang dilaksanakan selama tahun 2017:

 

Bidang Pendidikan

  1. Perseroan menyadari bahwa sarana dan infrastuktur pendidikan berkontribusi besar dalam menunjang proses pembelajaran siswa. Oleh karena itu, Perseroan memberikan bantuan pedidikan berupa renovasi gedung sekolah dan pesantren, renovasi ruang perpustakaan serta donasi buku perpustakaan. Kegiatan ini dilaksanakan di beberapa lokasi, antara lain di Sekolah Dasar Islam Alhidayah – Banjarmasin pada bulan Juli 2017, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah - Aceh di September 2017, TPQ Assalam - Rembang di September 2017, Pesantren Darun Naim - Jember pada bulan Oktober 2017, serta di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kanyoran - Kediri pada November 2017.

  1. Guru merupakan garda terdepan dalam membangun bangsa. Oleh karena itu, peningkatan kualitas dan profesionalitas guru merupakan hal mutlak untuk menunjang tugasnya dalam mencerdaskan bangsa. Oleh karena itu, Perseroan turut berperan dengan memberikan bantuan berupa donasi dalam Seminar Asosiasi Guru Ekonomi Indonesia di Jakarta pada Desember 2017.
  2. Untuk menanamkan konsep keselamatan dan kebiasaan untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara, pada bulan April 2017, Perseroan bekerjasama dengan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Polres Madiun mengadakan sosialisasi Safety Riding dan kompetisi Kapolres Cup yang diselenggarakan di sejumlah kecamatan di daerah Madiun.

 

 

Bidang Sosial

  1. Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama dan untuk membantu ketersedian stok darah di Palang Merah ndonesia (PMI), serta mendorong gaya hidup sehat karyawan baik karyawan di kantor pusat maupun kantor cabang. Perseroan, Perseroan mengadakan Aksi Donor Darah pada bulan April, September dan Desember 2017. Aksi Donor Darah ini berhasil mengumpulkan 2.474 kantong darah.
  2. Pada tahun 2017, Perseroan juga menunjukkan kepeduliannya melalui donasi renovasi Mushalla dan Masjid serta pembangunan tempat wudhu di Mushala Al Ikhlas – Bekasi pada bulan September 2017, Masjid Nurul Yaqin - Padang pada bulan November 2017, dan Masjid Rahmatulloh – Purwokerto pada bulan November 2017.

 

  1. Bencana alam yang terjadi di Pacitan dan Yogyakarta di penguhujung 2017, membuat Perseroan tergerak untuk memberikan bantuan kepada korban yang terkena dampak bencana alam tersebut. Perseroan memberikan bantuan berupa bahan makanan dan kebutuhan pokok yang dibutuhkan. Bantuan tersebut diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh bencana alam tersebut.

 

  1. Perseroan juga memberikan bantuan berupa donasi dalam Perayaan Natal Industri Keuangan Non-Bank (IKNB). Dalam kegiatan ini dilakukan kegiatan bakti sosial kepada beberapa yayasan panti asuhan dan lembaga sosial.