no-image

PENGUMUMAN KEBIJAKAN TERKAIT ANGSURAN


Kepada Konsumen Setia BAF,

  1. Terkait dengan kondisi dan situasi saat ini, BAF memahami penyebaran wabah virus Corona (COVID-19) telah membawa dampak terhadap perekonomian nasional dan kondisi keuangan Konsumen BAF. Sebagai bentuk kepedulian kami atas wabah yang terjadi dan sejalan dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), BAF menawarkan restrukturisasi (keringanan) kepada Konsumen BAF yang mengalami kesulitan keuangan sebagai akibat penyebaran virus Corona.
  2. Adapun jenis restrukturisasi (keringanan) yang dapat BAF tawarkan antara lain sebagai berikut:
    1. Perubahan tanggal jatuh tempo
    2. Penurunan nilai angsuran dan perpanjangan tenor (jangka waktu).
    3. Penundaan sebagian angsuran (pokok dan bunga)
  3. Pengajuan permohonan restrukturisasi (keringanan) dapat dilakukan oleh Konsumen BAF yang terkena dampak penyebaran virus Corona dengan persyaratan sebagai berikut:
    1. Terkena dampak langsung COVID-19 dengan nilai pembiayaan di bawah Rp.10 Miliar;
    2. Keringanan akan diberikan untuk tunggakan angsuran konsumen mulai Maret 2020 saat Pemerintah RI mengumumkan virus Corona;
    3. Pengajuan dilakukan oleh konsumen yang namanya tercantum dalam perjanjian kredit dengan BAF;
    4. Unit kendaraan/jaminan masih dipegang oleh konsumen yang sesuai dengan poin “c”.
  4. Tata cara pengajuan restrukturisasi (keringanan) berlaku mulai tanggal 1 April 2020 dan dapat dilakukan dengan cara:
    1. Mengisi formulir yang terdapat di website www.baf.id;
    2. Mengisi formulir secara lengkap dan benar untuk seluruh informasi yang diminta;
    3. Melengkapi persyaratan pengajuan restrukturisasi (keringanan) antara lain:
      1. Scan/photo KTP/dokumen identitas lainnya;
      2. Bukti pekerjaan/usaha yang terdampak COVID-19.
      3. Bukti unit masih dipegang oleh konsumen (photo konsumen dan unitnya, dimana untuk unit motor dan mobil harus terlihat plat nomornya).
    4. Tanggapan atas permohonan restrukturisasi (keringanan) akan diinformasikan oleh perusahaan pembiayaan melalui email dalam waktu 3 x 24 jam (hari kerja) sejak seluruh dokumen dan persyaratan yang ditentukan telah diterima oleh perusahaan.
      Catatan : Persetujuan akan diberikan apabila semua persyaratan telah dilengkapi serta memenuhi kriteria yang ditetapkan perusahaan.
  5. Restrukturisasi (keringanan) dapat disetujui apabila jaminan kendaraan/jaminan lainnya masih dalam penguasaan Bapak/Ibu debitur sesuai perjanjian pembiayaan.
  6. Bagi Konsumen BAF yang telah mendapatkan persetujuan restrukturisasi (keringanan) agar melakukan pembayaran dengan penuh tanggung jawab sesuai perjanjian restrukturisasi (keringanan) yang telah disepakati bersama.
  7. Dapat kami sampaikan bahwa BAF tetap beroperasi dan terus memberikan layanan kepada Konsumen BAF.
  8. Bagi Konsumen BAF yang tidak terdampak wabah virus Corona tetap melakukan pembayaran angsuran sesuai dengan perjanjian, agar terhindar dari sanksi denda dan catatan negatif di dalam Sistem Laporan Informasi Keuangan (SLIK).
  9. Kepada Konsumen BAF diharapkan agar selalu mengikuti informasi resmi dari BAF dan tidak mudah percaya dengan informasi yang bersifat hoax, serta melaporkan kepada BAF apabila terdapat debt collector yang melakukan tindakan tidak sesuai ketentuan.
  10. Kepada Konsumen BAF tidak perlu mendatangi Kantor Cabang BAF. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi website kami di www.baf.id.

Semoga kita diberi kelancaran dan salam sehat untuk kita semua

Manajemen PT Bussan Auto Finance

Halo, ada yang bisa Santi bantu?