BAF Syariah

Pembiayaan syariah di BAF yang dijalankan oleh Unit Usaha Syariah (UUS) sudah dimulai sejak tahun 2012 sebagai respon akan banyaknya permintaan konsumen atas pembiayaan dengan skema syariah. Sejak dikeluarkannnya POJK no 31/2014 tentang “Penyelenggaraan Usaha Pembiayaan Syariah” BAF kembali melakukan registrasi atas Unit Usaha Syariah (UUS) nya seperti yang diamanatkan oleh POJK tersebut.

Produk dan Layanan BAF Syariah

Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia, PT. Bussan Auto Finance menyediakan beberapa produk pembiayaan dengan prinsip syariah yang telah disetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), diantaranya adalah:

  1. Pembiayaan Sepeda Motor
    Saat ini BAF Syariah memberikan fasilitas pengadaan sepeda motor baru merek Yamaha dengan menggunakan akad “Murabahah” (Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 04/DSN-MUI/IV/2000).
  2. Dana Syariah
    Dana Syariah adalah pembiayaan ulang (refinancing) berdasarkan prinsip syariah bagi pemilik kendaraan bermotor untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan dengan menggunakan akad “al-bai’ wa al-isti’jar” (Fatwa Dewan Syariah Nasional No: 89/DSN-MUI/XII/2013).

Pembiayaan syariah di BAF yang saat ini dijalankan, baru ditujukan untuk pengadaan motor baru merek Yamaha dengan menggunakan akad “Murabahah” serta pembiayaan ulang (refinancing) dengan menggunakan akad “al-bai’ wa al-isti’jar”. Namun demikian BAF juga merencanakan untuk mengembangkan Unit Usaha Syariah (UUS) nya untuk melakukan pembiayaan yang tidak terbatas kepada “Pembiayaan Barang” tapi termasuk juga “Pembiayaan Jasa” dan “Pembiayaan Investasi” dengan menggunakan akad “Ijarah”, “IMBT (Ijarah Mumtahiyyah Bittamlik)”, “Mudharabah” atau lainnya, juga atas obyek yang tidak terbatas pada motor baru merek Yamaha, tapi juga obyek lainnya seperti motor bekas, mobil baru, mobil bekas, alat pertanian, barang elektronik dan lainnya.

Pembiayaan syariah di BAF dilaksanakan dan dikembangkan oleh Unit Usaha Syariah (UUS) yang telah mendapatkan izin beroperasi yang terbaru sesuai Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK no KEP-129/NB.223/2015 tanggal 15 Juni 2015, dengan jaringan Kantor Cabang Unit Syariah (KCUS) yang tersebar di seluruh Indonesia.