Alur Pengaduan Konsumen

Sarana Pengaduan Konsumen

Perseroan telah menerapkan beberapa langkah strategis untuk membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan konsumen. Untuk meningkatkan pelayanan bagi konsumen, Perseroan telah menyediakan sarana pengaduan konsumen melalui berbagai saluran komunikasi yaitu BAF Care, sebagai berikut:

  1. BAF Care Hotline : 1500750
    Bagi kosumen yang ingin melakukan pengaduan atau keluhan, pertanyaan ataupun saran terkait dengan operasional Perseroan melalui jalur telepon dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Perseroan melalui nomor hotline BAF 1500750. BAF Hotline dapat dihubungi di hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.00 dan Sabtu jam 08.00 – 15.00 WIB.
  2. BAF Care e-mail : bafcs@baf.id
    Bagi konsumen yang ingin melakukan pengaduan atau keluhan, pertanyaan ataupun saran terkait dengan operasional Perseroan secara tertulis dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Perseroan melalui alamat e-mail bafcs@baf.id.
  3. BAF Care SMS Hotline : +62 878 7780 123
    Bagi konsumen yang ingin melakukan pengaduan atau keluhan, pertanyaan ataupun saran terkait dengan operasional Perseroan secara tertulis dan singkat dapat menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh Perseroan melalui SMS Hotline di nomor +62 878 7780 123 yang tersedia 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu.
  4. BAF Website : www.baf.id
    Perseroan menyediakan sarana penyampaian pengaduan atau keluhan, pertanyaan ataupun saran melalui situs web Perseroan www.baf.id/contact-us.

Selain media tersebut di atas, Perseroan juga menyediakan sarana pengaduan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, BAF Mobile, Live Chat melalui Line, Whatsapp dan Website BAF ataupun melalui Kantor Cabang Perseroan.

Tindak Lanjut Penanganan

Dalam rangka menyediakan layanan penanganan pengaduan konsumen, Perseroan berpedoman antara lain kepada Peraturan OJK Nomor 01/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, Surat Edaran OJK Nomor 2/SEOJK.07/2014 Tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen Pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan serta ketentuan perundang-undangan lain yang relevan, termasuk POJK No.18/POJK.7/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan SEOJK No. 17/SEOJK.07.2018 tantang Pedoman Pelaksanaan Layanan Pengaduan Konsumen di sektor Jasa Keuangan.
Berikut adalah prosedur singkat layanan pengaduan kepada konsumen dan/atau masyarakat:

gambar baf

Jumlah Pengaduan

Selama tahun 2019, Perseroan menerima sebanyak 3.696 pengaduan dan telah ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan. Berikut ini adalah data penanganan pengaduan konsumen oleh Perseroan di tahun 2019.

gambar baf gambar baf
Halo, ada yang bisa Santi bantu?