BAF Berikan Keringanan Angsuran Kepada Ratusan Ribu Konsumennya

01/06/2020
BAF Indonesia
300

Jakarta, 3 Juni 2020 – Sesuai dengan ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT Bussan Auto Finance (BAF) menyambut positif untuk melakukan kebijakan keringanan angsuran kredit bagi sejumlah konsumennya. Relaksasi ini diberikan sebagai salah satu kepedulian BAF untuk membantu konsumen yang kesulitan memenuhi kewajiban karena usahanya/pekerjaannya terdampak langsung terhadap wabah virus COVID-19 sebagaimana yang dianjurkan pemerintah di bulan Maret 2020. Relaksasi diberikan kepada konsumen yang memenuhi kriteria, dimana jenis relaksasi yang diberikan dapat berupa perubahan tanggal jatuh tempo, penurunan nilai angsuran dengan perpanjangan tenor, atau penundaan sebagian angsuran (pokok dan bunga).

Lynn Ramli, Presiden Direktur BAF, mengungkapkan bahwa BAF akan tetap berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

“Kami berupaya memberikan program keringanan kepada konsumen yang terdampak COVID-19 ini sesuai dengan panduan dan ketentuan OJK. Konsumen dapat mengajukan program ini melalui website kami dan juga ke kantor cabang terdekat. Kami juga berupaya mendeteksi konsumen yang terdampak ditinjau dari jenis dan sektor pekerjaan konsumen. Program keringanan ini kami harapkan dapat membantu konsumen BAF melewati masa sulit ini dan diharapkan ketika kondisi pulih dapat melanjutkan angsuran dengan baik seperti sebelumnya.”

Sejak diberlakukan pada April lalu, hingga kini BAF telah menyetujui lebih dari 200 ribu permohonan relaksasi kredit yang diajukan oleh konsumen. Dari jumlah tersebut, konsumen pembiayaan motor baru Yamaha paling mendominasi permohonan relaksasi kredit. Semua permintaan konsumen dilayani dengan baik dan mudah oleh para karyawan BAF yang menangani proses ini, dimana konsumen cukup mengajukan permohonan di www.baf.id dengan melengkapi dokumen pendukung yang dipersyaratkan. Oleh karenanya bukan hal yang aneh jika konsumen merespon bahwa pelayanan yang diberikan BAF sangat mudah dalam pengajuannya dan membuat konsumen puas, seperti yang disampaikan oleh beberapa konsumen BAF yang penghasilannya menurun akibat pandemi COVID-19, dimana program keringanan ini membantu untuk dapat tetap survive dalam meringankan beban hidup mereka di tengah wabah ini.

 

Untuk mendukung industri pembiayaan terutama kendaraan roda dua, hingga kini BAF tetap menerima pengajuan pembiayaan baru untuk motor baru Yamaha, motor bekas, mobil, elektronik dan perlengkapan rumah tangga, serta Dana Syariah. Hal ini dimaksudkan untuk tetap menjaga pertumbuhan perekonomian dan atau bisnis konsumen dengan tetap memperhatikan kualitas aset dan kolektibilitas calon konsumen.  BAF terus bekerja sama dengan dealer dan merchant memberikan solusi pembiayaan untuk masyarakat dengan menawarkan program-program menarik seperti Program Kartini, Promo Lebaran, serta promo BAF terbaru dan update lainnya yang dapat dilihat melalui aplikasi BAF Mobile yang dapat diunduh di Google PlayStore maupun iOS App Store.

Meskipun penurunan pasar turut melanda industri pembiayaan di Indonesia, BAF masih mampu mempertahankan kinerjanya pada kuartal I - 2020 dengan total penyaluran pembiayaan baru Perseroan mencatat kenaikan sebesar 9% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Di tengah tren penurunan penjualan kendaraan bermotor, BAF akan terus mengkaji ulang atas target bisnis Perseroan secara keseluruhan dengan terus mengamati perkembangan perekonomian Indonesia setiap saat.

Menghadapi era new normal, BAF akan beroperasi untuk memberikan pelayanan optimal kepada konsumen dengan tetap memperhatikan himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan yang ketat. Selain masih memberlakukan work from home dan alternate work untuk karyawan non-core, Perseroan menetapkan kebijakan bagi karyawan yang harus bekerja di kantor wajib menggunakan masker selama perjalanan dari dan menuju kantor maupun selama bekerja di kantor, serta tetap melakukan physical distancing. Perseroan juga menyediakan Thermo Gun dan hand sanitizer untuk memastikan karyawan yang masuk bekerja dalam keadaan sehat. Konsumen BAF juga dapat melakukan pengajuan pembiayaan secara online baik melalui aplikasi BAF Mobile maupun website Perseroan, tanpa harus datang ke cabang untuk meminimalisir adanya kontak fisik.

Kami berharap pandemi virus COVID-19 ini dapat segera teratasi dan kita diberi kesehatan sehingga dapat beraktivitas kembali secara normal. 

 

 

 


Tentang PT Bussan Auto Finance (BAF)

Perjalanan PT Bussan Auto Finance (“Perseroan”) diawali pada tahun 1995 dengan nama PT Pembiayaan Getraco Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan, dan menjadi perusahaan joint venture antara PT Danamon Sanggrahan, Mitsui dan Yamaha pada tahun 1997 yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor baru Yamaha. Nama Perseroan pun berubah menjadi PT Danamon Mits Otomotif Finance dan tanggal 24 September 1997 diperingati sebagai hari ulang tahun Perseroan hingga saat ini. Pada tahun 1998, Mitsui & Co., Ltd. membeli seluruh kepemilikan PT Danamon Sanggrahan sehingga mengakibatkan Mitsui & Co., Ltd. menjadi pemegang saham utama dengan kepemilikan sebesar 75%, sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Lenggara Gunasejahtera (15%), Yamaha Co., Ltd., Jepang (7%) dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (3%). Sebagai akibat dari akuisisi tersebut, nama Perseroan diubah menjadi PT Bussan Auto Finance dengan fokus bisnis tetap sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor baru khusus merek Yamaha. Pada tahun 2004, seluruh saham milik PT Lenggara Gunasejahtera dijual kepada PT Mitsui Indonesia. Pada tahun 2013, Perseroan melakukan peningkatan modal melalui penerbitan saham baru yang seluruhnya diambil bagian oleh PT Ciptadana Capital, salah satu perusahaan afiliasi dari Grup Lippo dan Yamaha. Pada tahun 2018, Mitsui & Co., Ltd. menambah kepemilikan sahamnya dengan mengakuisisi seluruh kepemilikan saham PT Ciptadana Capital, sehingga komposisi pemegang saham Perseroan menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 68,3%, PT Mitsui Indonesia sebesar 11,7%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7% dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3%. Pada tahun 2019, Mitsui & Co., Ltd. menjual sebagian kepemilikan sahamnya bersamaan dengan PT Mitsui Indonesia yang menjual seluruh kepemilikan sahamnya kepada PT Sinergi Autoindo Abadi sehingga komposisi pemegang saham Perseroan hingga saat ini menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 65,0%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7%, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3% dan PT Sinergi Autoindo Abadi sebesar 15%.

Seiring pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat, Perseroan terus berinovasi untuk menjadi solusi pembiayaan bagi kebutuhan masyarakat. Perseroan tidak hanya menyediakan produk pembiayaan sepeda motor baru merek Yamaha tetapi juga pembiayaan motor bekas untuk berbagai merek, Dana Syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah, pembiayaan multiproduk yang meliputi peralatan elektronik dan rumah tangga, pembiayaan mesin pertanian, serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek.

Berita Terbaru

Halo, ada yang bisa Santi bantu?