Motor Yamaha

Memilih Oli yang Paling Tepat

no-image Selasa 31/10/2017
no-image Bussan Auto Finance
no-image 361

Pilihan oli untuk motor memang banyak sekali, tapi apakah oli yang kamu pilih sudah sesuai dengan kondisi motor. Coba baca informasi tentang oli berikut ini supaya makin paham tentang oli. Oli dibagi menjadi beberapa jenis menurut dari bahan bakunya dan tingkat kekentalan. Yuk kenali lebih jauh tentang oli supaya tepat memilih oli yang pas untuk motor kamu.

 

Oli Vegetable

Terbuat dari tumbuhan jarak yang disuling menjadi minyak. Oli ini memiliki sifat pelumas yang paling baik sehingga banyak dipakai untuk perlombaan atau racing. Tetapi harganya cukup mahal dan proses oksidasi sangat cepat sehingga tidak dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

 

Oli Mineral

Bahan dasarnya diproses melalui penyulingan bahan mineral.

 

Oli Syntetic

Oli ini terbuat dari bahan dasar produk petroleum seperti ettylee yang diproses secara kimiawi sehingga menghasilkan viskositas yang stabil dan sesuai dengan karakteristik yang diinginkan. Keunggulannya oli syntetic relatif lebih stabil sehingga kemampuan pelumasya sangat baik.

 

Oli Semi Syntetic

Bahan dasarnya merupakan campuran antara oli mineral dan syntetic. Oli semi syntetic menghasilkan kemampuan pelumas yang baik dengan harga yang lebih murah daripada oli syntetic

 

Berdasarkan tingkat kekentalan oli orang menyebutnya sebagai SAE, yaitu pembeda untuk kelas suatu oli dati tingkat kekentalannya. SAE rendah berarti kekentalan dari olinya juga rendah atau encer. Misalnya untuk oli SAE 10w – 40 memiliki kemampuan tingkat beku sampai -30 derajat dengan titik didih sampai 150 derajat celcius. Angka di depan w menyimpulkan bahwa makin kecil maka tingkat keencerannya semakin tinggi. Tapi harus diingat bahwa dari tingkat keenceran tersebut bukan berarti semakin encer semakin baik kualitasnya.

 

Tingkat keenceran oli harus disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggal. Jika kamu tinggal di suhu dingin seperti pegunungan lebih baik menggunakan oli yang tingkat bekunya tinggi misalnya 10w – 40 dengan tingkat beku -40 derajat celcius. Sedangkan untuk suhu panas seperti Jakarta bisa menggunakan yang tingkat bekunya lebih rendah 15w – 40 atau 20w – 40 apalagi Jakarta sering macet dengan penggunaan yang relatif cepat berhenti dan jalan.

 

Motor matic mempunyai kecenderungan kinerja yang lebih berat dibanding motor sport dan bebek, sehingga bisa menggunakan oli yang lebih encer misalnya 10W – 40 agar mesin bekerja tidak terlalu berat dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Jadi jangan langsung menyimpulkan oli yang encer maka semakin bagus kualitasnya. Jika oli tidak cocok maka bisa terjadi oil up atau oli naik ke ruang pembakaran dan knalpot keluar asap yang berlebihan.

Lagi cari motor yang irit dengan performa juara? Kamu bisa pilih Mio S yang sudah memiliki teknologi blue core yang memberikan perfoma prima dan 50 persen lebih irit. Tertarik? Mau punya Mio S untuk kamu sendiri? Langsung isi aplikasi di bawah yuk!

 

AJUKAN SEKARANG

 

Sumber artikel: Modifikasi[dot]co[dot]id

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Mobil

Lokasi Rafting yang Harus Kamu Datangi!

Rabu 18/07/2018

Olahraga ekstrim rafting harus kamu coba nih. Cek yuk lokasi rafting yang harus kamu datangi.

Tips Badan Sehat dan Berat Ideal

Senin 09/07/2018

Tips Biar Punya Dana Setelah Hari Raya

Sabtu 07/07/2018

Cara Memasang Kursi Anak di Mobil

Jumat 06/07/2018