Motor Yamaha

Ini Tanda-tanda Kamu Harus Ganti Oli Motor

no-image Rabu 13/12/2017
no-image BAF Indonesia
no-image 463

Motor harus dirawat secara berkala supaya selalu prima dan siap dibawa ke mana-mana. Eits… Perawatan berkala tak boleh sembarang juga, lakukan perawatan tersebut di bengkel resmi sesuai merek motor kamu. Apabila ada harus ada pergantian mesin maka akan langsung diganti dengan sparepart resmi sesuai dengan standart dari bengkel.

 

Salah satu bagian penting yang harus kamu perhatikan adalah oli. Oli merupakan bagian yang cukup signifikan dari seluruh bagian mesin motor. Jika tidak diganti secara berkala maka kinerja mesin motor akan lebih berat yang kemudian akan menyebabkan kerusakan mesin. Perhatikan tanda-tanda berikut di motor, apabila sudah terjadi itu artinya sudah harus ganti oli motor.

 

Oli encer dan hitam pekat. Pernah lihat kan oli yang sudah hitam pekat? Nah itu juga yang terjadi apabila kamu tak pernah ganti oli motor. Perubahan warna oli yang awalnya biru atau cokelat menjadi hitam pekat dikarenakan terkena panas dan zat emisi/kerak sisa pembakaran. Oli yang berwarna hitam menandakan sudah terkontaminasi banyak zat misalnya gas NOx, kerak, atau bensin yang tak terbakar.

 

Suhu mesin yang terasa lebih panas dari sebelumnya. Manfaat oli adalah sebagai pelumas, selain itu oli juga berfungsi untuk meratakan panas mesin. Caranya adalah menyerap panas pada blok/piston yang menjadi sumber panas. Saat oli bersirkulasi, panas yang terbawa akan dilepaskan ke seluruh komponen mesin yang dilewati. Kondisi inilah yang menyebabkan panas yang tidak rata pada mesin. Jika kamu merasakan pada posisi kaki terasa sangat panas, inilah kondisi daya hantar panas mulai berkurang dan tandanya sudah harus ganti oli motor.

 

Suara mesin dan transmisi lebih kasar. Selain bagian mesin oli juga melumasi bagian gearbox/transmisi pada motor manual (bebek dan kopling). Berkat oli maka gesekan serta perkaitan antar roda gigi menjadi lebih lembut dan tidak berisik. Akan tetapi ketika kualitas oli sudah berkurang maka berdampak pula pada daya lumasnya. Jadi saat terdengar suara mesin yang kasar dan susahnya mengoper gigi inilah tanda harus ganti oli motor.

 

Coba cek lagi motor kamu, jangan sampai ada tanda-tanda di atas pada motormu ya. Mau motor yang yahud dan siap berkeliling menemanimu seharian, All New Soul GT AKS lah pilihannya. Dengan teknologi eco indicator yang membuat berkendara lebih irit dan ekonomis. Ditambah jok yang luas jadi nggak bikin pegal pinggang.

 

Tunggu apalagi yuk ajukan pembiayaan dengan mengisi data diri di bawah ini.

 

AJUKAN SEKARANG

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

4 Lokasi Wisata Ekstrim di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Kamis 20/09/2018

Wisata ekstrim cocok banget di alam Indonesia. Cek dulu yuk lokasinya!

Cari Dana Tambahan dengan Cara Mudah

Selasa 18/09/2018

Perbandingan Oppo F9 dan Vivo V9

Jumat 14/09/2018

Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Juta

Kamis 13/09/2018