Motor Yamaha

Cek Tanda Ini Mungkin Ban Motor Harus Segera Diganti

no-image Senin 05/02/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 421

Ban merupakan salah satu komponen di sepeda motor yang memerlukan perhatian lebih.  Oleh karena itu, melakukan pengecekan kondisi ban motor merupakan hal penting sebelum berkendara. Inilah ciri-ciri ban motor yang sudah waktunya diganti:

 

1. Selain saat jalan jelek, goyangan dari ban terasa saat berbelok

Ban merupakan bagian dan komponen terpenting bagi sepeda motormu. Tanpa adanya ban maka sepeda motor tak bisa dikendarai. Ini juga berlaku saat kredit motor, maka kamu harus mengecek kondisi ban. Motor yang baik pastinya memiliki perawatan tinggi dan mendetail mulai dari body, mesin, dan juga ban. Walaupun hanya ban motor tetap saja bagian ini memerlukan perawatan. Tentu saja diperlukan pemeriksaan secara berkala pada bagian ban sehingga kamu tahu kapan banmu harus ganti. Ada kondisi tertentu yang menjadi pertanda bahwa ban motormu harus ganti. Semakin kamu sering mengendarai sepeda motormu, maka kamu akan merasakan terjadinya keanehan pada motormu.

Ban motor yang perlu diganti biasanya akan membuat kamu melompat dengan sendirinya saat dibawa di jalanan jelek. Kamu akan merasa bahwa banmu terasa berbelok sendiri. Ini menandakan bahwa kemampuan dan kondisi ban motormu sudah menurun. Goyangan ini sepertinya terlihat bahwa ban motormu kekurangan angin alias kempes. Tetapi jika ditelusuri lebih jauh sebenarnya ini adalah pertanda bahwa ban motormu harus diganti segera. Proses pengecekan ban motor memang diperlukan secara berkala terutama bagi kamu yang sering melakukan perjalanan jauh. Performa ban akan cepat menurun dan tak optimal. Jika kamu tetap membiarkannya, maka bisa berujung pada hal yang tak diinginkan.

 

2. Terasa kasar saat melewati jalanan rusak

Melewati jalanan buruk memang bisa menjadi parameter dan test yang bagus untuk performa ban motormu. Selain kamu bisa mengecek apakah terjadi goyangan atau tidak di jalanan ini, kamu juga bisa merasakan apakah terjadi genjotan kasar saat kamu melewati jalanan yang rusak ini. Genjotan ini adalah bumping yang keras. Saking kerasnya kamu akan seolah – olah meloncat sendiri dari atas sepeda motor. Ini sangat berbahaya bagi keselamatan kamu. Jika kamu tak siap maka kamu bisa terjatuh dan terbentur aspal. Genjotan kasar ini terjadi dikarenakan alur ban yang sudah mulai menipis. Penipisan alur ban ini tentu saja mengurangi performa dan kualitas ban motormu. Tak perlu menunggu lama lagi, kamu bisa segera pergi ke bengkel dan mengganti ban motormu.

 

3. Lupa rentang waktu kapan harus ganti ban (ada periodenya)

Mengganti ban motormu memang perlu dilakukan agar kamu merasa nyaman mengendarai sepeda motor. Kondisi dan kualitas ban motor yang bagus dan baru akan membuat motor lebih enak dan tak terjadi goyangan saat melewati jalanan rusak. Tetapi seringkali kamu mengabaikan penggantian ban motor ini dikarenakan lupa dan malas. Terkadang banyak orang tidak tahu pertanda kapan ban motor harus diganti sehingga sudah sedikit terlambat saat terjadinya proses pergantian ban sepeda motor tersebut.

Sebenarnya setiap produk ban mencantumkan periode pemakaiannya. Biasanya untuk ban depan, jarak normal dilakukan pergantian ban adalah 12.000 km. Sedangkan untuk ban bagian belakang adalah sejauh 10.000 km. Sekarang kamu tinggal melihat total speedometer yang ada di motormu apakah sudah mencapai km itu. Jika sudah, sebaiknya segera diganti ya!

 

4. Alur kembang sudah menipis

Selain melihat periode pemakaian ban, maka kamu juga bisa mendeteksinya dari alur kembang yang ada di permukaan ban. Ini sebenarnya menjadi pertanda yang paling mudah untuk dideteksi karena bisa dilihat secara kasat mata. Biasanya kondisi ini disebut ban botak karena sudah tak ada motif dan alur kembangnya. Alur kembang ini bukanlah tanpa fungsi. Alur kembang ini merupakan elemen yang membuat proses pergerakan ban motormu lebih lancar dan terasa pakem tak licin. Coba bayangkan apa yang akan terjadi jika alur kembang sudah mulai menipis? Maka gerakan ban terasa kurang nyaman dan lancar. Ini berpengaruh penting saat kamu mengendarai sepeda motormu.

 

5. Permukaan ban motor sudah sejajar dengan Tread Wear Indicators (TWI)

Pertanda lainnya ban motor harus diganti adalah saat permukaan ban motor sudah sejajar dengan tread wear indicators (TWI). Apa itu TWI? Mungkin kamu tak pernah memperhatikannya dengan seksama. Bila kamu memperhatikan sungguh – sungguh, maka kamu akan menemukan sebuah tanda segitiga yang terdapat di bagian samping ban motormu. Tanda ini dinamakan TWI. Ini adalah penanda internasional yang wajib ada di permukaan ban. Ban yang tak ada tanda TWI biasanya tak lolos uji dan tak akan memperoleh sertifikat SNI. Bisa dibilang ban ini tak layak untuk dibeli. Tanda segitiga ini sangat penting sebagai penanda batas keausan ban motormu. Bila ban motormu semakin aus, maka tanda segitiga ini akan mendekati garis permukaan ban motormu. Maka kamu harus segera mengganti ban motormu agar tak terjadi hal – hal yang tak diinginkan. Mengganti ban saat pertanda sudah muncul adalah keputusan tepat dibandingkan harus menunggu ban sudah sangat aus.

 

6. Permukaan ban terlihat bergelombang

Selain pertanda diatas, maka kamu juga wajib melihat tanda lainnya. Coba sekarang lihatlah kondisi permukaan ban sepeda motormu. Apakah ada gelombangnya? Kamu bisa menyentuhnya untuk memastikannya. Permukaan ban yang terlihat bergelombang juga merupakan pertanda bahwa ban motormu harus diganti. Jadi, bila kamu menemukan gelombang yang terdapat di permukaan ban, maka ini adalah waktu yang paling tepat untuk mengganti ban motormu.

Kalau kamu berencana mau ganti sepeda motor karena sudah banyak komponen yang rusak, langsung ajukan saja di BAF! Cukup isi kolom di bawah ini. Bussan Auto Finance akan membantu kamu untuk pembiayaan pinjaman dana untuk pembelian sepeda motor baru dan kredit sepeda motor sesuai keinginan kamu. Ditambah lagi proses pencairannya mudah dan regulasinya juga jelas membuat kamu bisa memajang sepeda motor baru di rumah.

 

AJUKAN SEKARANG

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Mobil

#TaktikCerdik Liburan Hemat Tanpa Melarat

Jumat 18/05/2018

Bulan liburan seperti sekarang adalah saat yang tepat untuk memutuskan akan pergi ke mana. Cek yuk #taktikcerdik liburan hemat tanpa melarat berikut ini.

Rombak Ruang Tamu Saat Open House Nanti dengan 3 Sofa Cantik Ini

Kamis 17/05/2018

#TaktikCerdik Siapkan Dana untuk Hari Raya

Rabu 16/05/2018

Ikuti 4 Cara Ini Supaya Terhindar dari Denda Tagihan!

Selasa 15/05/2018