Mobil

Lampu Indikator Dasboard Mobilmu Terus Menyala? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

no-image Kamis 08/02/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 194

Pernahkah kamu mengalami suatu keadaan dimana lampu indikator dari mobil yang kamu miliki menyala secara terus menerus? Jika pernah,maka dapat dipastikan bahwa mobil yang kamu miliki pun bermasalah, hal ini berkaitan dengan keberadaan dari lampu indkator itu sendiri yang harusnya berada dalam kondisi menyala kemudian mati apabila kunci kontak yang kamu miliki tersebut pun telah diputar menuju posisi On.

Namun yang seringkali menjadi pertanyaan diantara para pengguna kendaraan atau mobil tersebut adalah masalah apa yang menjadi penyebab lampu tersebut berada dalam keadaan nyala secara terus menerus? Sebelum menjawab pertanyaan itu ada baiknya apabila kamu simak penjelasan awal dari beragam permasalahan tersebut berikut ini :

Apabila lampu indikator mobil kamu menyala secara terus menerus, maka mobil yang kamu gunakan pun membutuhkan perbaikan, hal ini berkaitan dengan beragam masalah atau penyebab utama yang menimbulkannya.

Hal ini juga berkaitan dengan keterhubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya yang terdapat di dalam mesin tersebut yang mana setiap indikator akan melakukan pengambilan data yang juga disesuaikan dengan seluruh sensor yang terdapat di dalam mesin tersebut, kemudian sasis, dan juga drive train. Karena itulah jika terjadi pengambilan data dengan konsleting, maka secara otomatis lampu pada indikator tersebut pun akan menyala secara terus menerus.

Selain itu, seperti yang telah kamu ketahui bahwa keberadaan lampu indikator yang menyala secara terus menerus juga dapat mengganggu kosentrasi para penggunaan kendaraan mobil utamanya ketika mereka tengah mengemudi. Karena itulah perbaikan pun wajib untuk dilakukan dengan segera. Namun sebelum melakukan perbaikan sebaiknya kamu kenali dulu beberapa penyebab yang menimbulkan adanya masalah tersebut berikut ini:

 

1. Saat Iindikator Lambang Oli Terus Menyala

Untuk indikator oli yang umumnya terdapat di bagian panel dari instrumen menyala secara terus menerus, maka dapat dinyatakan bahwa hal tersebut adalah pertanda dari keberadaan oli yang telah habis. Dengan kata lain, ruang mesin yang dimiliki oleh mobil atau kendaraan kamu pun telah kekurangan banyak pelumas.

Karena itulah jika lampu indikator dari oli menyala secara terus menerus, maka hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya adalah mengganti oli mesin mobil dengan jenis oli yang baru. Pastikanlah untuk tidak menambah oli lama dengan oli yang baru saja kamu beli. Pasalnya hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada kendaraan mobil yang kamu miliki, dan apabila mobil tersebut rusak, maka kamu pun akan membutuhkan banyak dana tunai untuk melakukan perbaikan sehingga mobil yang kamu miliki dapat dipergunakan kembali dengan lebih mudah.

 

2. Saat Indikator Lambang Aki Terus Menyala

Tidak jauh berbeda dengan bagian di atas tadi, jika indikator yang menyala muncul pada bagian aki, maka hal ini menjadi pertanda bahwa aki mobil yang kamu miliki telah kehabisan daya . karena itulah jika indikator dari bagian yang satu ini telah menyala secara terus menerus, maka kamu harus melakukan pergantian aki mobil dengan sesegera mungkin, pasalnya jika hal ini tidak dapat kamu lakukan, maka kerusakan pun dapat terjadi pada kendaraan mobil yang kamu miliki.

 

3. Saat Indikator Engine Check Terus Menyala

Indikator engine check yang umumnya ditandai dengan gambar  berupa bongkahan mesin di bagian indikator mobil adalah bagian penting yang juga wajib untuk kamu perhatikan hal yang satu ini umumnya akan menyala menjadi berwarna kuning apabila terdapat permasalahan yang dialaminya dan membutuhkan bantuan penting pasalnya jika lampu tersebut menyala secara terus menerus, maka bagian itu pun akan mengalami malfungsi atau bentuk kesalahan yang terjadi pada mesin.

Meskipun indikator dari bagian yang satu ini menyala dengan cara mendadak namun untuk mobil yang kamu gunakan itu sendiri tentukan tidak akan mati secara mendadak. Hal ini berkaitan dengan gangguan pada salah satu bagian dari sensor yang tidak dapat berfungsi dengan baik atau dinyatakan eror.

Sedikit berbeda dengan cara mengatasi masalah indikator yang menyala di beberapa bagian point di atas tadi, untuk point yang satu ini cara mengatasinya pun dapat kamu bagi menjadi 2 cara berbeda, yaitu :

  • Cara pertama dapat kamu lakukan dengan mencabut kenektor dari aki negatif ketika mesin tengah mati, kemudian hubungkan bagian dari kabel konektor pada aki negatif serta aki positif, kemudian tunggulah selama 3 detik dan pasang ulang kembali. Jika hal tersebut telah selesai kamu lakukan , maka tanda engine check pun umumnya tidak akan menyala kembali, namun jika masih menyala maka ada kemungkinan untuk beragam masalah penyebab lainnya

  • Scanner ulang adalah cara lain yang juga dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah indikator engine check yang terus menyala. Cara yang satu ini umumnya dilakukan untuk mengetahui dengan lebih pasti dari sensor apa saja yang tengah mengalami kerusakan atau pun permasalahan, dan apabila telah ditemukan maka bagian tersebut pun akan segera diperbaiki dengan cara mengganti sensor yang rusak atau bahkan error itu sendiri.

 

4. Saat Indikator Airbag Terus Menyala

Untuk masalah yang  satu ini umumnya muncul pada jenis kendaraan mobil terbaru, karena hanya kendaraan atau mobil terbarulah yang disertai dengan keberadaan airbag. Sama halnya dengan beberapa bagian dari mobil lainnya, untuk airbag itu sendiri juga disertai dengan lampu indikator di dalamnya yang dapat kamu perhatikan apakah berada dalam keadaan baik-baik saja atau justru sebaliknya. Pemeriksaan dari indikator yang satu ini menjadi bagian penting karena berkaitan dengan masalah atau pun kerusakan pada sistem keselamatan. Untuk itu, apabila indikator airbag terus menyala maka perbaikan pun sebaiknya segera dilakukan.

 

5. Saat indikator ABS (ANTI-LOCK BRAKING SYSTEM) terus menyala

Sama halnya dengan beberapa bagian di atas tadi, indikator ABS juga akan terus menyala apabila terdapat permasalahan yang muncul pada bagian tersebut, karena itulah pemeriksaan serta perbaikan pun harus segera dilakukan pada bagian yang satu ini.

 

Berencana punya mobil baru tahun ini? Ajukan saja di BAF.

Jika beberapa permasalahan di atas sulit untuk kamu perbaiki, maka rencana untuk memiliki mobil baru di tahun ini pun dapat kamu jadikan solusi tepat. Salah satu cara yang dapat meringankan kamu adalah melakukan pembiayaan mobil dengan menggunakan bantuan dari pinjaman dana tunai yang disediakan oleh BAF. Selain mudah, cara ini juga dapat kamu lakukan dengan beragam keuntungan menarik di dalamnya. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

 

KLIK DI SINI

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Mobil

#TaktikCerdik Liburan Hemat Tanpa Melarat

Jumat 18/05/2018

Bulan liburan seperti sekarang adalah saat yang tepat untuk memutuskan akan pergi ke mana. Cek yuk #taktikcerdik liburan hemat tanpa melarat berikut ini.

Rombak Ruang Tamu Saat Open House Nanti dengan 3 Sofa Cantik Ini

Kamis 17/05/2018

#TaktikCerdik Siapkan Dana untuk Hari Raya

Rabu 16/05/2018

Ikuti 4 Cara Ini Supaya Terhindar dari Denda Tagihan!

Selasa 15/05/2018