Mobil

Fungsi Headrest Pada Jok Mobil untuk Keselamatan

no-image Jumat 29/12/2017
no-image BAF Indonesia
no-image 298

Belum banyak pengguna kendaraan mobil mengetahui secara benar fungsi headrest pada jok. Hayo ngaku kamu juga pasti tak tahukan fungsi headrest ini?

Kebanyakan orang memahami fungsi headrest hanya sebagai sandaran ketika lelah pada saat macet dan untuk tidur ketika sedang berhenti. Namun ternyata fungsi headrest lebih dari itu, ia mampu menyelematkan kita saat terjadi kecelakaan. Ini dia fungsi headrest yang sebenarnya.

 

Mengurangi cedera tulang leher ketika terjadi kecelakaan.

Sumber image: Hipwee[dot]com

Jika terjadi kecelakaan maka secara refleks kepala akan mengayun ke depan dan kemudian langsung ke belakang. Ketika benturan cukup keras maka ayunan kepala saat kembali ke belakang membuat kepala mendongak dan bisa menyebabkan tengkuk patah. Menghindari cedera atau patah tulang leher maka dibuatlah headrest yang dapat menahan kepala hingga posisi semula. Fungsi headrest juga dapat melindungi kepala dari benda yang terlempar ke belakang.

 

Seringkali kita mengatur tinggi headrest sesuai dengan kenyamanan kita untuk bersandar, apakah itu untuk tidur atau bersantai. Padahal sebenarnya headrest sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak hanya enak untuk bersandar namun juga menjaga kepala. Atur sedemikian rupa tinggi headrest supaya tidak terlalu tinggi dan rendah, kira-kira sekitar 4inci atau 10cm jarak antara kepala dan headrest.

 

Pemecah kaca saat kondisi darurat.

Sumber image: Hipwee[dot]com

Headrest dapat berfungsi sebagai pemecah kaca apabila hal-hal yang tidak diinginkan terjadi hingga menyebabkan mesin mobil mati dan kaca tak bisa dibuka. Ujung headrest terbuat dari gagang besi sehingga dapat membantu memecahkan kaca mobil pada saat kondisi darurat. Caranya, lepaskan headrest dari jok dengan menekan tombol kecil di pangkal headrest dan kemudian hentakkan ujungnya ke arah kaca hingga pecah.

 

Penting sekali ya fungsi headrest untuk keselamatan berkendara kita. Tak pernah menyangka kalau ternyata si kecil ini sangat berguna pada saat kondisi darurat.

Ingin memiliki mobil sendiri? Kamu bisa lho mengajukan dengan mengisi data diri lengkap di bawah ini.

 

UNDUH BAF MOBILE

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

4 Lokasi Wisata Ekstrim di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Kamis 20/09/2018

Wisata ekstrim cocok banget di alam Indonesia. Cek dulu yuk lokasinya!

Cari Dana Tambahan dengan Cara Mudah

Selasa 18/09/2018

Perbandingan Oppo F9 dan Vivo V9

Jumat 14/09/2018

Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Juta

Kamis 13/09/2018