Elektronik & Furnitur

Mirrorless vs DSLR, Pilih Mana?

no-image Jumat 08/12/2017
no-image BAF Indonesia
no-image 295

Mau belajar mengabadikan gambar atau fotografi memang susah-susah gampang nih. Harus rajin hunting dan berkumpul dengan komunitas untuk bertukar pengetahuan serta pengalaman. Nah, sebelum kamu bergabung dengan komunitas dan mulai hunting, modal pertama yang harus dimiliki adalah kamera yang oke. Mungkin kamu sudah browsing atau tanya-tanya orang lain soal kamera profesional dan amatir yang mudah digunakan plus harganya terjangkau. Ini dia perbedaan antara kamera DSLR dan mirrorless.

 

View Finder/Jendela Bilik

Setiap kamera DSLR pasti memiliki jendela bilik yang disebut Optical View Finder (OVF). Untuk kamera mirrorless kamu bisa melihat objek foto langsung seperti apa adanya. Kelebihannya adalah EVF kamu bisa mengatur ulang gambar yang kelihatan di LCD dan mengatur gambar tersebut sesuai keinginan. Sedangkan untuk DLSR kamu harus memperkirakan dan menebak gambar yang akan ditampilkan di layar LCD.

 

Berat

Rasanya kalau soal berat pasti kamera mirrorless jauh lebih ringan dibandingkan DSLR. Dari bentuk body yang agak besar berpengaruh terhadap beratnya ditambah lagi zoom yang cukup besar menambah massa dari DSLR. Berbeda dengan kamera mirrorless yang bagian body lebih ringan dan tipis. Lebih praktis ketika dibawa saat bepergian.

 

Baterai

Dengan body yang besar kamera DSLR juga menyimpan cukup besar daya, sehingga dapat bertahan lebih lama bahkan hingga seharian. Namun sebaliknya baterai kamera mirrorless lebih cepat habis. Ini karena desain body yang ramping sehingga ukuran baterai yang lebih kecil, sehingga jika dibawa berpergian harus menggunakan baterai cadangan supaya bisa digunakan seharian. Hal lain yang menyebabkan baterai lebih cepat habis karena kamera mirrorless menampilkan gambar langsung sesuai dengan yang diambil.

 

Sudah kepikiran ingin mengambil yang mana? Ada referensi 2 kamera di atas nih, cekidot:

 

Panasonic Lumix FZ100. Angsurannya hanya Rp439.000* per bulan, dengan kemampuan lensa Leica yang memiliki standar ketat sehingga dapat menghasilkan kinerja optik yang berkualitas tinggi. Dilengkapi teknologi Venus Engine FHD yang dapat mengklasifikasi noise kromatik dan luminance, serta dapat mengurangi noise secara optimal pada keduanya. Kamu juga bisa mengambil gambar dengan kecepatan tinggi dan kualitas gambar yang oke punya!

 

Sony Alpha ILCE-A5000L. Angsuran per bulan hanya Rp479.000*. Fiturnya oke punya nih, tak kalah dengan seri Alpha DSLR. Terdapat 20.1MP Exmor APS HD CMOS Sensor untuk pengambilan gambar berkualitas tinggi terutama macro dan BIONZ X Image Processor yang membuat noise menjadi lebih minimal. Selain itu sudah terhubung langsung dengan koneksi internet sehingga kamu bisa langsung posting di sosial media atau blog kamu.

 

Jadi sudah kepikiran mau ambil yang mana? Langsung aja yuk daftar dengan mengisi data diri di bawah ini.

 

AJUKAN SEKARANG

 

*Syarat dan ketentuan berlaku

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Cara Mudah Jadi Petani Modern

Selasa 13/11/2018

Yuk simak selengkapnya cara mudah menjadi petani modern!

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

Senin 12/11/2018

Cara Pengambilan BPKB Motor & Peraturannya

Jumat 09/11/2018

Bisa Punya Mobil dengan Gaji 3 Juta

Kamis 08/11/2018