Dana Syariah Syana
Berita Lainnya

#TaktikCerdik Ibu-Ibu Zaman Now dalam Mengatur Keuangan Keluarga

no-image Jumat 26/01/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 216

Sudah jadi aturan tak tertulis sejak dulu kalau ibu-ibu adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur keuangan dalam keluarga. Peran ibu dalam keluarga terutama mengatur keuangan sangat besar, mulai dari mengatur belanja bulanan hingga bayar keperluan rumah tangga ini itu. Apalagi di zaman serba modern ini, berbagai macam fasilitas dan juga ilmu keuangan rumah tangga selalu jadi andalan para ibu modern untuk keuangan keluarga yang sehat.

Ibu-ibu zaman now rupanya tidak hanya terkenal dengan kebiasaan naik motor yang kurang aman lho, tapi juga memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan rumah tangga dengan memanfaatkan teknologi dan juga beragam informasi di lingkungannya. Ibu-ibu jaman sekarang juga sudah makin pandai memilih mana leasing yang bisa memberikan dana tunai dengan mekanisme yang aman dan mudah untuk membantu kebutuhan rumah tangga dan usaha. Ini nih jurus ibu-ibu jaman now untuk mengatur keuangan keluarga.

 

Menggunakan rumus 50:30:20

Uang gaji selalu habis di tengah jalan? Berarti ada yang salah dengan manajemen keuangan kamu. Kamu bisa contek ilmu pembagian jatah gaji bulanan yang diterapkan ibu-ibu jaman sekarang dengan menggunakan rumus 50:30:20. Artinya, gunakan 50% dari pendapatan untuk biaya wajib dan juga biaya fleksibel. Biaya wajib misalnya cicilan rumah, asuransi, pajak, listrik, air, dan pengeluaran bulanan lainnya. Sedangkan biaya fleksibel adalah biaya tagihan kartu kredit, tagihan telepon, tv kabel, internet, biaya sekolah, kirim orang tua, dan sebagainya.

Kemudian 30% pendapatan dialokasikan untuk investasi dan/atau tabungan. Sisanya sebanyak 20% untuk dana alokasi hiburan seperti liburan, umroh, beli mainan atau koleksi, dan hiburan lainnya. Kamu juga bisa menerapkan rumus ini untuk pinjaman dana tunai yang kamu terima. Dengan demikian tidak semua dana digunakan namun dibagi untuk memanfaatkan dana yang didapat dengan maksimal.

 

Ibu zaman now yang aktif cari informasi di internet

Tidak hanya anak kecil dan anak muda saja yang canggih menggunakan internet. Ibu-ibu juga kebagian manfaat dari internet yang bisa digunakan untuk cari informasi bagaimana caranya menata keuangan rumah tangga dengan cerdas dan sehat sesuai dengan pendapatan yang masuk. Kamu bisa menyontoh cara ini dan belajar menata keuangan dari berbagai macam nasehat dan rekomendasi dari pakar dan praktisi keuangan yang bisa diterapkan di berbagai macam kondisi keuangan.

Beberapa hal dasar mengenai keuangan yang saat ini harus kamu ketahui antara lain adalah mengatur penggunaan pendapatan dengan porsi yang sehat dan sesuai dengan kemampuan, informasi mengenai investasi yang aman dan jenis yang paling pas dengan profil resiko kamu, layanan yang dimiliki oleh bank untuk membantu kamu dalam berkegiatan keuangan seperti pembayaran, transfer, dan sebagainya, dan juga bagaimana cara mendapatkan dana tunai dari lembaga yang sehat, aman, dan benar-benar bisa membantu kamu untuk punya rumah baru, beli motor atau mobil, untuk usaha, pembiayaan multiproduk, utang piutang, dan sebagainya.

 

Koneksi ibu-ibu modern yang lebih luas

Arisan adalah kegiatan yang sejak dulu sudah dilakukan oleh ibu-ibu. Ternyata arisan tidak melulu punya efek negatif lho, karena kenyataannya kegiatan dalam arisan bisa dimanfaatkan para ibu untuk menabung, berbisnis, menjalin koneksi dan memperluas jaringan, dan berbagi informasi mengenai berbagai macam hal yang bermanfaat bagi rumah tangga. Kamu juga bisa mencontek kegiatan arisan ini dengan isi yang lebih berbobot dan juga modern. Misalnya dengan mengadakan arisan emas di mana setiap bulannya uang yang terkumpul dibelikan emas, kemudian diberikan pada yang menang arisan. Emas yang didapat tentu bisa jadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Arisan juga bisa jadi ajang pamer barang produksi dan usaha kecil-kecilan. Kamu bisa bawa barang daganganmu saat acara kumpul arisan dan ditawarkan pada anggota arisan lainnya. Manfaatkan juga para anggota arisan sebagai sarana memperluas jaringan. Kamu nggak tahu kan, anggota arisanmu  bisa saja bermanfaat untuk menambah klien, konsumen, partner bisnis, dan sebagainya termasuk informasi mengenai pinjaman dana tunai yang tentunya lebih meyakinkan kalau dapat review langsung dari orangnya.

 

Ibu-ibu anti gaptek

Tidak hanya jago cari informasi di internet, ibu-ibu zaman sekarang juga fasih menggunakan berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan dalam urusan keuangan. Misalnya, aplikasi mobile banking yang mempermudah kegiatan bayar cicilan, transfer langsung tanpa harus ke ATM, cek saldo, dan sebagainya hanya dengan menggunakan smartphone.

Tidak hanya untuk urusan banking, sekarang mengajukan pembiayaan hingga pengajuan dana ke lembaga leasing ternyata dapat diakses menggunakan aplikasi smartphone. Tentunya tanpa harus datang ke kantor seperti yang disediakan oleh BAF. Melalui aplikasi BAF Mobile, kamu dapat dengan mudah mengajukan pembiayaan, melakukan pembayaran, cek denda, dan mendapatkan promosi terkini.

Download aplikasi BAF mobile sekarang juga untuk kamu yang sedang butuh pembiayaan untuk beli motor baru, mobil impian, beli berbagai macam alat pertanian, multiproduk, dan juga pembiayaan syariah yang jauh lebih praktis dan lebih aman. Apa keuntungannya menggunakan BAF mobile sebagai andalan pembiayaan segala macam kebutuhan dana kamu?

Bayar cicilan pembiayaan dana tunai bisa di mana saja dan kapan saja. Kamu tidak harus datang ke kantor atau bayar di merchant yang sudah ditunjuk karena hanya dengan klik klik di handphone kamu sudah bisa langsung bayar cicilan bahkan ketika sedang tiduran!

Kamu juga jangan khawatir akan kena denda karena telat bayar karena aplikasi BAF mobile bisa memberikan pengingat kapan kamu harus bayar cicilan sebelum jatuh tempo. Bayar pinjaman dana tunai jadi lebih disiplin yang tentunya memberikan catatan baik di data kredit keuangan kamu.

Dengan menggunakan BAF mobile, kamu juga jadi bisa tahu semua status pembiayaan yang sedang berjalan. Plus catatan mengenai pembayaran dan juga angsuran yang sudah dilakukan sehingga informasi keuangan pribadi yang kamu punya lebih lengkap dan terperinci. Dengan banyaknya keuntungan yang bisa kamu dapat menggunakan BAF mobile, mengajukan pinjaman dana tunai tidak pernah semudah ini.

 

UNDUH SEKARANG

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Mobil

Lokasi Rafting yang Harus Kamu Datangi!

Rabu 18/07/2018

Olahraga ekstrim rafting harus kamu coba nih. Cek yuk lokasi rafting yang harus kamu datangi.

Tips Badan Sehat dan Berat Ideal

Senin 09/07/2018

Tips Biar Punya Dana Setelah Hari Raya

Sabtu 07/07/2018

Cara Memasang Kursi Anak di Mobil

Jumat 06/07/2018