Dana Syariah Syana

Mengenal Pembiayaan Berbasis Syariah, Kenapa Tidak?

no-image Rabu 07/02/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 508

Indonesia dikenal sebagai negara dengan salah satu umat Muslim terbesar yang ada di dunia, namun juga menjadi negara dengan tingkat kebutuhan yang tinggi pula. Oleh karena itu, sistem pinjaman dana tunai yang dibutuhkan pun sangat sulit untuk digunakan karena terbentur dengan hukum agama.  

Kabar baiknya kini hadir produk pembiayaan dengan sistem syariah yang dapat  digunakan sebagai solusi tepat, pasalnya selain memenuhi kriteria dan sesuai dengan hukum Islam, sistem atau prinsip syariah ini juga dikenal sebagai layanan pemenuhan kebutuhan yang tidak menyalahi aturan agama, sehingga masyarakat pun lebih memilih layanan tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan sebagai umat muslim.

Berbicara mengenai sistem atau prinsip syariah, cara tersebut seringkali digunakan oleh badan-badan keuangan seperti halnya yang populer di lingkungan masyarakat saat ini yaitu bank syariah. Bank syariah dikenal dengan aturan atau prinsip islami yang digunakan oleh banyak masyarakat yang semula bernaung di bank pada umumnya kemudian beralih pada bank syariah. Hal ini dilakukan dengan maksud tidak menyalahi aturan agama dan lebih sesuai dengan prinsip agama yang dimilikinya.

Penggunaan prinsip syariah itu sendiri kini mulai mengalami perkembangan dan tidak hanya diterapkan pada layanan bank saja, melainkan diterapkan pula pada beberapa lembaga yang berkaitan dengan bidang keuangan lainnya, salah satu diantaranya adalah BAF atau PT Bussan Auto Finance.

BAF pada dasarnya dikenal sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pembiayaan, namun pembiayaan yang dilakukannya pun lebih terfokus pada jenis motor Yamaha. Seiring dengan pertumbuhan bisnis yang dilakukannya serta perkembangan zaman yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat Indonesia seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, maka perusahaan besar ini pun mulai melakukan beberapa bentuk inovasi, sehingga hal yang dilakukannya pun dapat menjadi solusi  pembiayaan tepat bagi seluruh masyarakat Indonesia, baik beragama Islam atau pun non Islam. Tidak percaya? Simaklah penjelasannya berikut ini:

 

BAF sebagai salah satu lembaga keuangan dengan produk syariah

Sebagai salah satu perusahaan besar yang ada di Indonesia PT Bussan Auto Finance atau BAF kini menyediakan beberapa bentuk produk layanan dengan menggunakan sistem syariah, dan tentu saja, penggunaan prinsip tersebut yang hendak dilakukannya pun telah disetujui oleh lembaga OJK atau Otoritas Jasa keuangan serta DSN – MUI yaitu Dewan Syariah Nasional dari Majelis Ulama Indonesia. Namun produk apakah yang tengah diluncurkannya dengan prinsip syariah tersebut? Berikut penjelasannya :

Produk dengan sistem syariah dari BAF

1. Layanan pembiayaan pada sepeda motor

Produk dengan prinsip syariah pertama yang ditawarkan oleh BAF adalah pembiayaan yang ditujukan pada pemilikan sepeda motor. Hal ini dilakukannya dengan memberikan fasilitas berupa pengadaan barang dalam bentuk kendaraan yaitu sepeda motor terbaru dari merek Yamaha. Layanan pembiayaan yang satu ini dilakukan dengan menggunakan sistem akad “Murabahah” yang juga telah dijelaskan dalam fatwa Dewan Syariah Nasional dengan nomor 14 / DSN-Mui/ IV/ 2000.  

2. Dana Syariah

Selain produk dengan prinsip syariah di bagian atas tadi, ada pula produk lainnya yang juga ditawarkan oleh BAF, yaitu Dana Syariah bentuk pembiayaan ulang atau lebih dikenal dengan sebutan (refinancing) yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah dan ditujukan bagi para pengguna atau pemilik kendaraan. Dengan layanan pembiayaan yang satu ini maka beragam bentuk kebutuhan pun dapat dilakukan dengan menggunakan akad “Al-bai’wa al-isti’jar” akad tersebut juga telah disahkan dalam fatwa DSN atau Dewan Syariah Nasional yang tercantum pada nomor 89 / DSN – MUI/ XII / 2013.

 

Obyek dari pembiayaan syariah yang dilakukan di BAF

Seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, pembiayaan syariah yang dilakukan di BAF termasuk dalam salah satu program dari produk yang baru saja dikeluarkan. Perlahan produk ini menjadi layanan unggulan yang mulai banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang beragama Islam.

Namun karena masih baru, maka produk yang ditawarkannya pun belum memiliki banyak pilihan dan hanya terbatas untuk layanan tertentu saja, seperti halnya pengadaan motor baru dengan merek Yamaha, yaitu layanan yang dilakukan dengan sistem akad “Murabahah”, sedangkan untuk produk lainnya adalah bentuk pembiayaan ulang  atau refinancing yang juga dilakukan dengan menggunakan akad “Al-bai’wa al-isti’jar”.

Selain beberapa penawaran yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi, BAF sebagai lembaga keuangan yang kini mulai merintis program atau layanan baru dengan prinsip syariah, BAF juga berencana untuk melakukan pengembangan pada Unit Usaha Syariah atau UUS yang dimiliki perusahaannya, sehingga layanan yang diberikan kepada para klien atau pelanggan pun tidak terbatas pada bentuk pembiayaan barang saja tetapi juga dapat merambah pada pembiayaan untuk layanan jasa, serta pembiayaan untuk melakukan investasi dan tentu saja hal ini dilakukan dengan menggunakan akad yang disebut “Ijarah”, atau IMBT yaitu Ijarah Mumtahiyyah Bittamlik, kemudian Mudharabah, dan juga beragam akad lainnya yang berdasarkan pada aturan atau hukum islam, sehingga tidak menyalahi aturan yang ada.

Dengan kata lain pengembangan ini dilakukan agar pembiayaan tersebut tidak terbatas pada objek berupa pengadaan motor baru dari merek Yamaha saja, tetapi juga berkaitan dengan bentuk objek lainnya, seperti halnya motor bekas, kemudian mobil baru atau pun mobil bekas, beragam benda elektronik, alat pertanian, dan juga beragam jenis bentuk produk lainnya yang dapat dijadikan sebagai objek pengadaan barang dengan sistem syariah.

 

Pelaksanaan dari pembiayaan syariah yang ada di BAF

Program dari pembiayaan syariah yang terdapat di BAF merupakan bagian pengembangan dari Unit Usaha Syariah atau disingkat menjadi UUS yang dikenal sebagai salah satu bagian di BAF dan telah mendapatkan izin untuk melakukan operasi sesuai dengan keputusan dari Anggota Dewan Komisioner pihak OJK dengan nomor keputusan 129 / NB.223 /2015  lebih tepatnya pada tanggal 15 Juni 2015.

Bagian dari unit yang satu ini juga dikenal dengan jaringannya yang kini dapat dijangkau dengan lebih mudah oleh masyarakat di kawasan Kantor Cabang Unit Syariah atau lebih dikenal dengan sebutan KCSU dan sudah mulai tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Demikianlah kiranya penjelasan dari layanan pembiayaan syariah BAF yang dapat digunakan untuk mengganti kebutuhan pada sistem peminjaman yang kamu butuhkan dengan lebih mudah. Butuh informasi peminjaman syariah untuk beli kendaraan bermotor? Simak informasi lengkapnya di bawah sini.

 

KLIK DI SINI

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Elektronik & Furnitur

4 Lokasi Wisata Ekstrim di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Kamis 20/09/2018

Wisata ekstrim cocok banget di alam Indonesia. Cek dulu yuk lokasinya!

Cari Dana Tambahan dengan Cara Mudah

Selasa 18/09/2018

Perbandingan Oppo F9 dan Vivo V9

Jumat 14/09/2018

Bisnis dengan Modal di Bawah 10 Juta

Kamis 13/09/2018