Berita Lainnya

#TaktikCerdik Supaya Kamu Tidak Hidup Susah di Masa Depan

no-image Selasa 06/02/2018
no-image BAF Indonesia
no-image 160

Saat ini masyarakat modern memiliki budaya yang cukup konsumtif sejak muda, jadi kamu perlu memikirkan dengan baik perencanaan keuangan masa depan dengan baik yang terkadang juga memanfaatkan kredit elektronik. Bahkan dari sebuah survey ditemukan bahwa hanya 20% orang yang sudah siap maksimal untuk menghadapi masa pensiunnya dan sisa 80% tidak merencanakan keuangan masa depan dengan baik dan benar terutama untuk masa pensiunnya. Ada beberapa #taktikcerdik yang bisa kamu lakukan untuk memiliki hidup di masa depan yang tidak perlu susah-susah.

 

Memiliki Rencana Keuangan yang Jelas

Kamu perlu memperhitungkan dengan baik kebutuhan utama bulanan yang memang harus dikeluarkan. Pastikan kamu selalu menyisihkan setidaknya 10% dari jumlah gaji yang didapatkan setiap bulannya. Atur keuangan setiap bulan sebaik mungkin agar tetap ada dana cadangan untuk masalah kesehatan atau pengeluaran mendadak lainnya. Sehingga jangan sampai kamu tidak memegang uang sama sekali. Membiasakan diri untuk memiliki rencana keuangan yang baik akan membuat kamu memiliki masa depan keuangan yang lebih baik tentunya agar lebih siap dalam menghadapi masa pensiun tanpa merasa kesulitan untuk masalah keuangan.

 

Hilangkan Hutang Untuk Biaya Konsumtif

Kamu harus bisa mempertimbangkan dengan baik antara kebutuhan dan sekedar keinginan. Jika memang sesuatu dibeli untuk hal yang hanya bersifat konsumtif dan akhirnya kamu harus meminjam uang sebaiknya pikir-pikir lagi.

Sebisa mungkin hindarilah hal tersebut karena akan menyulitkan kamu di kemudian hari. Jadi jangan buru-buru untuk memutuskan pinjaman dana tunai untuk hal yang berbau konsumtif saja. Perhitungkan dengan baik berbagai pengeluaran lainnya, menyisihkan tabungan dan dana darurat sebelum kamu memutuskan pembelian barang yang sifatnya konsumtif dan fungsinya bagi kehidupan kamu masih kurang. Jika kamu ingin membeli sebuah barang bersifat konsumtif batasi pembelian beberapa bulan sekali berdasarkan tabungan yang dimiliki atau tunggu hingga pembayaran lainnya sudah selesai dilakukan.

 

Selalu Siapkan Dana Darurat

Simpan 10% uang kamu atau bahkan lebih dari gaji setiap bulan. Tujuannya untuk dijadikan dana darurat sehingga kamu tidak akan bingung ketika memang ada pengeluaran mendadak yang harus dilakukan untuk berbagai kebutuhan mendesak kamu. Dana darurat ini akan menjadi penyelamat ketika kamu berusaha untuk mendisiplinkan diri menyisihkan uang tersebut dari uang yang didapatkan setiap bulannya. Tentu manfaatnya akan sangat besar apalagi jika kamu berada di masa pensiun yang penghasilannya mungkin tidak sama ketika masih bekerja dan hal tersebut seringkali baru disadari oleh kebanyakan orang saat sudah terlambat.

 

Mulai Berinvestasi

Investasi ini bisa dilakukan dalam bidang apa saja tergantung minat dan prediksi peluang yang kamu lihat di sekitar. Tidak harus dengan investasi besar, tetapi kamu bisa memulai investasi kecil yang memang masih sesuai dengan budget yang dimiliki. Namun pertimbangkan dengan baik segala kemungkinan untung dan ruginya, termasuk instrumen investasi yang hendak dijalankan. Tentunya berbagai pertimbangan matang harus dilakukan dengan baik agar jangan sampai salah dalam menanamkan investasi untuk hari tua kamu. Kamu bisa melakukan investasi dalam bentuk join dengan orang lain, tetapi pastikan kamu memilih partner investasi yang jelas dan terpercaya agar tidak sampai menimbulkan kerugian besar karena kamu salah menginvestasikan uang yang ada.

 

Membangun Aset Aktif

Dalam membangun aset ini memang tidak mudah tetapi jika kamu kembangkan sejak masih muda, maka saat pensiun tiba kamu hanya tinggal menikmati hasinya. Ada banyak cara untuk bisa membangun aset tersebut tergantung dari pilihan yang kamu inginkan sesuai kemampuan masing-masing. Aset ini bisa kamu bangun dengan biaya dari penghasilan atau tabungan yang ada, sehingga memang harus disesuaikan dengan potensi budget yang ada dengan keinginan pasar di sekitar.

 

Menerima Penghasilan Pasif

Tentunya hal tersebut tidak bisa kamu dapatkan dengan mudah dan instan tetapi harus dibangun sejak dini. Pendapatan pasif ini bisa berasal darimana saja misalnya hasil investasi, perkembangan bisnis dan sumber keuangan lainnya yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu masing-masing. Di era digital ini tentu ada banyak bidang yang bisa kamu ambil untuk bisa mendapatkan penghasilan pasif, namun pastikan segala sesuatu yang dilakukan sudah terjamin keamanannya dan minim kerugian. Sehingga kamu tetap akan mendapatkan keuntungan secara maksimal nantinya sebagai tabungan menghadapi masa pensiun.

 

Mempersiapkan Pensiun Setidaknya 20 Tahun Sebelumnya

Ketika kamu masih aktif bekerja maka pastikan sudah mempersiapkan dana pensiun dengan baik dan perhitungan perencanaan keuangan yang tepat. Mungkin kamu merasa masa pensiun masih cukup lama, tetapi jika tidak direncanakan dengan baik sejak awal tentu akan sangat membahayakan masa tua kamu. Saat sudah pensiun tentu akan lebih menyenangkan jika kamu sudah siap secara finansial dan tidak bingung untuk membayar berbagai macam hutang atau tagihan lagi. Untuk bisa sampai ke titik tersebut kamu harus mempersiapkannya dari jauh-jauh dari agar ketika masa pensiun tiba kamu sudah lebih siap dan tidak perlu khawatir lagi.

 

Jangan Lupa Membayar Berbagai Macam Tagihan

Menyelesaikan berbagai macam tagihan misalnya tagihan motor tentu akan membuat masa pensiun kamu lebih tenang. Kamu juga harus memperhitungkan dengan baik pembayaran dari berbagai tagihan tersebut hingga pembayarannya lunas.

Tentu kamu tidak ingin masa pensiun menjadi suram karena uangnya terlalu banyak digunakan untuk membayar tagihan besar sebelumnya. Sebaiknya sudah ada kesepakatan dari awal untuk pembayaran tagihan setiap bulannya dan kamu harus bisa menyisihkan uang. Aturlah pengeluaran dengan baik agar tagihan-tagihan tersebut bisa dibayarkan tepat waktu dan tidak sampai menimbulkan masalah.

Khusus untuk pembiayaan tagihan motor kamu bisa memanfaatkan jasa bantuan dari BAF mobile sebagai bentuk kredit elektronik dalam bentuk online. Tentunya akan lebih mudah dan praktis karena kamu bisa langsung bayar secara online.

Hal tersebut tentu sangat menguntungkan karena tidak membuat kamu repot mengurus berbagai keperluan peminjaman. Sebagai pinjaman dana tunai yang diberikan secara online pastinya sudah aman untuk kamu manfaatkan dengan baik.

 

UNDUH BAF MOBILE

 

DAPATKAN PRODUK IMPIAN ANDA SEKARANG

Berita Terbaru

Mobil

#TaktikCerdik Liburan Hemat Tanpa Melarat

Jumat 18/05/2018

Bulan liburan seperti sekarang adalah saat yang tepat untuk memutuskan akan pergi ke mana. Cek yuk #taktikcerdik liburan hemat tanpa melarat berikut ini.

Rombak Ruang Tamu Saat Open House Nanti dengan 3 Sofa Cantik Ini

Kamis 17/05/2018

#TaktikCerdik Siapkan Dana untuk Hari Raya

Rabu 16/05/2018

Ikuti 4 Cara Ini Supaya Terhindar dari Denda Tagihan!

Selasa 15/05/2018